PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP AL HUDA WAJAK KABUPATEN MALANG

A’yunina, Linda (2025) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP AL HUDA WAJAK KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207012-LINDA A'YUNINA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207012-LINDA A'YUNINA-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207012-LINDA A'YUNINA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207012-LINDA A'YUNINA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207012-LINDA A'YUNINA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207012-LINDA A'YUNINA-BAB 5.pdf

Download (403kB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh perkembangan dunia pendidikan yang
saat ini semakin pesat dikarenakan banyaknya fasilitas yang mampu mempermudah
Siswa dalam proses pembelajaran. Internet mempunyai dampak positif di berbagai
bidang, salah satunya bidang pendidikan. Internet dapat di gunakan sebagai media
penunjang yang baik dan sumber belajar yang dapat menumbuhkan motivasi belajar
siswa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh
pemanfaatan internet terhadap motivasi belajar peserta didik SMP Al-Huda Wajak
Kabupaten Malang. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan
internet terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Al-Huda
Wajak Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan Kuantitatif,
sedangkan populasinya adalah Siswa SMP Al-Huda Wajak, dengan sampel
sebanyak 56 responden. Dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan instrument penelitian yang meliputi: angket dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui nilai yang didapatkan dari
pengujian hipotesis korelasi sederhana product moment sebesar 0,528 dan nilai R
Square adalah 0,279 ata 27,9%. Maka terdapat hubungan korelasi sedang dengan
persentase pengaruh sebanyak 27,9%. Sehingga hipotesis alternatif (Ho) dalam
penelitian ini tolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Internet dan Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:10
Last Modified: 26 Feb 2025 03:10
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item
View Item