Ruwaidah, Maulidiatur (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A SMP AL-LATHIFI GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207018-MAULIDIATUR RUWAIDAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1584207018-MAULIDIATUR RUWAIDAH-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207018-MAULIDIATUR RUWAIDAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1584207018-MAULIDIATUR RUWAIDAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207018-MAULIDIATUR RUWAIDAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1584207018-MAULIDIATUR RUWAIDAH-BAB 5.pdf
Download (605kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh model
problem based learning terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas
VII A SMP Al-Lathifi Gondanglegi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini untuk
menjawab pertanyaan: Apakah terdapat pengaruh model problem based learning
terhadap minat belajar siswa maata pelajaran IPS Kelas VII A SMP Al-Lathifi
Gondanglegi.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data
pada skripsi ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Populasi
dan sampel penelitian ini sebanyak 23 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pengaruh model problem based
learning terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas VII A SMP Al
Lathifi Gondanglegi adalah sebesar 47 %. Artinya adalah sebanyak 47 % minat
belajar dipengaruhi oleh model problem based learning, sedangakan 53% minat
belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung =
5,743 > t tabel = 1,714 maupun signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis nihil
ditolak dan hipotesis alternative diterima, hasilnya signifikan dengan kesimpulan
bahwa terdapat pengaruh model problem based learning terhadap minat belajar
siswa mata pelajaran IPS Kelas VII A SMP Al-Lathifi. Hasil ini membuktikan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning telah
memberi
dampak
dalam
meningkatkan
minat
belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelajaran IPS, model problem based learning, minat belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:12 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:12 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/867 |