Hasanah, Nafisatul (2025) ANALISIS PENGGUNAAN METODE PETA KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP ISLAM TERPADU MIFTAHUL ULUM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207033-NAFISATUL HASANAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207033-NAFISATUL HASANAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207033-NAFISATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207033-NAFISATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207033-NAFISATUL HASANAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207033-NAFISATUL HASANAH-BAB 5.pdf
Download (415kB)
Abstract
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah tentang Analisis Penggunaan
Metode Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas VII SMP Islam Terpadu
Miftahul Ulum. Penelitian ini bertujuan: 1)Untuk mengetahui bagaimana
perencanaan pembelajaran menggunakan metode peta konsep pada mata pelajaran
IPS di kelas VII di SMP Islam Terpadu Miftahul Ulum. 2) Untuk mengetahui
bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode peta konsep pada mata
pelajaran IPS di kelas VII di SMP Islam Terpadu Miftahul Ulum 3) Untuk
mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran menggunakan metode peta konsep
pada mata pelajaran IPS di kelas VII di SMP Islam Terpadu Miftahul Ulum. Jenis
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang
bertujuan mendeksripsikan hasil penelitian yang ditemukan oleh penulis di
lapangan.Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran
IPS menggunakan metode peta konsep guru mempersiapkan RPP,Prota, Promes
dan Silabus, materi dan bahan ajar yang diperlukan dalam proses pembelajaran
mencontohkan bagaimana pembuatan Peta Konsep Serta mempersiapkan alat,
media, materi dan bahan ajar yang diperlukan dalam proses pembelajaran. 2)
Pelaksanaan pembelajaraan pada saat menggunakan peta konsep ada 3 yaitu
Demontrasi,Individu dan Kelompok. 3)Evaluasi pembelajaran pada saat
menggunakan peta konsep guru IPS melakukan tes tulis, proyek dan membuat
rangkuman.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode peta konsep, meningkatkan motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:13 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:13 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/874 |