PENGARUHMODELCONTEXTUALTEACHINGANDLEARNING TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS SUNANGIRI SUMBERJAYA GONDANGLEGI

Fatimah, Nurul (2025) PENGARUHMODELCONTEXTUALTEACHINGANDLEARNING TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTS SUNANGIRI SUMBERJAYA GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207024-NURUL FATIMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1584207024-NURUL FATIMAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207024-NURUL FATIMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1584207024-NURUL FATIMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207024-NURUL FATIMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1584207024-NURUL FATIMAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh model
contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS Kelas VIII MTs Sunan Giri Sumberjaya Gondanglegi tahun
ajaran 2022/2023. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan: Apakah
terdapat pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil
belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas VIII MTs Sunan Giri Sumberjaya
Gondanglegi.
Penelitian
menggunakan metode kuantitatif. Metode
pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode angket dan
metode dokumentasi. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 26
siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengaruh model contextual
teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS
Kelas VIII MTs Sunan Giri Sumberjaya Gondanglegi adalah sebesar 27 %.
Artinya adalah sebanyak 27 % hasil belajar dipengaruhi oleh model
contextual teaching and learning, sedangakan 73% hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Hasil
analisis uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung =
2,396 > t tabel = 1,706 maupun signifikansi 0,021 < 0,05, sehingga
hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima, hasilnya signifikan
dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model contextual teaching
and learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas VIII
MTs Sunan Giri Sumberjaya Gondanglegi. Hasil ini membuktikan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan model contextual teaching and
learning telah memberi dampak dalam meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pelajaran IPS, model contextual teaching and learning, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:15
Last Modified: 26 Feb 2025 03:15
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item
View Item