Yunita, Risa (2025) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII B MTS AL-HIDAYAH WAJAK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207025-RISA YUNITA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1584207025-RISA YUNITA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207025-RISA YUNITA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1584207025-RISA YUNITA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1584207025-RISA YUNITA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1584207025-RISA YUNITA-BAB 5.pdf
Download (567kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh metode
diskusi terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Kelas VIII B MTs Al
Hidayah Wajak tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini untuk menjawab
pertanyaan: Apakah terdapat pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar
mata pelajaran IPS Kelas VIII B MTs Al-Hidayah Wajak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data
pada skripsi ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Populasi
dan sampel penelitian ini sebanyak 25 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pengaruh metode diskusi
terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS Kelas VIII B MTs Al-Hidayah
Wajak adalah sebesar 33 %. Artinya adalah sebanyak 33 % prestasi belajar
dipengaruhi oleh metode diskusi, sedangakan 67% prestasi belajar siswa
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Hasil analisis
uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung = 5,927 > t tabel =
1,708 maupun signifikansi 0,02 < 0,05, sehingga hipotesis nihil ditolak dan
hipotesis alternative diterima, hasilnya signifikan dengan kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran
IPS Kelas VIII B MTs Al-Hidayah. Hasil ini membuktikan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan metode diskusi telah memberi dampak dalam meningkatkan
prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelajaran IPS, metode diskusi, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:23 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:23 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/884 |