Devi, Riska Febriana (2025) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI MTS AL ISLAM BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207017-RISKA FEBRIANA DEVI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207017-RISKA FEBRIANA DEVI-BAB 1.pdf
Download (703kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207017-RISKA FEBRIANA DEVI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207017-RISKA FEBRIANA DEVI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207017-RISKA FEBRIANA DEVI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207017-RISKA FEBRIANA DEVI-BAB 5.pdf
Download (546kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh metode
resitasi terhadap motivasi belajar IPS di MTs Al Islam Bantur tahun ajaran
2021/2022. Penelitian ini disusun untuk menjawab Pertanyaan (1) Apakah
metode resitasi berpengaruh pada pembelajaran IPS Siswa kelas VII di MTs
Al Islam Bantur (2) Apakah terdapat pengaruh metode resitasi terhadap
motivasi belajar IPS siswa kelas VII di MTs Al Islam Bantur.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode
pengumpulan data pada Skripsi ini menggunakan metode angket ,metode
observasi,metode dokumentasi dan metode studi Pustaka.Populasi dalam
penelitian ini adalah 74 siswa dan sampelnya 62 siswa.Sampel kelas nya
terdiri dari kelas VII A berjumlah 20 siswa,kelas VII B berjumlah 21 siswa,
kelas VII C berjumlah 21 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pengaruh penggunaan metode
resitasi terhadap motivasi belajar IPS di MTs Al Islam Bantur adalah sebesar
25 % motivasi belajar dipengaruhi oleh metode resitasi, sedangkan 75 %
motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam
penelitian ini seperti metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab.
Karena peneliti lebih fokus penelitianya terhadap metode resitasi dan
motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Al Islam Bantur.
Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung
= 3.311 > t table = 0.2500 maupun signifikansi 0,002 < 0,05,sehingga
hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative di terima, hasilnya signifikan
dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode resitasi terhadap
motivasi belajar IPS siswa kelas VII di MTs Al Islam Bantur. Hasil ini
membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi
telah memberi dampak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, metode resitasi , motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:24 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/885 |