ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DI SMP SUNAN AMPEL PAGELARAN

Fadilah, Wiwik Lailatul (2025) ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DI SMP SUNAN AMPEL PAGELARAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207005-WIWIK LAILATUL FADILAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207005-WIWIK LAILATUL FADILAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207005-WIWIK LAILATUL FADILAH-BAB 2-5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207005-WIWIK LAILATUL FADILAH-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207005-WIWIK LAILATUL FADILAH-BAB 6.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207005-WIWIK LAILATUL FADILAH-BAB 6.pdf

Download (398kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi yang dilakukan oleh siswa
dan guru yang berada dalam suatu lingkungan belajar. pembeajaran berfungi untuk
membimbing siswa dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitas yang
dimilikinya. Pada pembelajaran terdapat beberapa komponen pembelajaran seperti
tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, alat atau media
pembelajaran, sumber belajar, dan evaluasi.
Pembelajaran IPS dengan
menggunakan metode tugas dapat dikatan efektif apabila telah dapat memenuhi
indikator pembelajaran efektif yang terdiri dari pengorganisasian materi
pembelajaran, komunikasi secara efektif, penguasaan dan antusias dalam
pembelajaran, sikap positif terhadap peserta didik, pemberian nilai yang adil,
keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan hasil beljaar peserta didik yang
baik.
Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui pembelajaran IPS
dengan menggunaka metode tugas di SMP Sunan Ampel kecamatan Pagelaran
kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.
Dengan teknik pengambilan sampel yangdigunakan merupakan teknik purposive
sampling, dengan guru IPS dan 6 siswa SMP Sunan Ampel yang menjadi subjek
penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan
menggunakan metode tugas di SMP Sunan Ampel Pagelaran secara umum dikatan
kurang efekif. Peneliti juga menemukan beberapa factor yang mempengaruhi
proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode tugas di SMP Sunan Ampel
Pagelaran, antara lain: komunikasi yang kurang efektif, penyampaian matei yang
kurang menarik, kurangnya arahan saat memberikan tugas, kurangnya pengawasan
saat proses pengerjaan tugas, adanya kecurangan yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Pembelajaran Efektif, Metode Tugas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:26
Last Modified: 26 Feb 2025 03:26
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item
View Item