PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP RIYADLUL QUR’AN NGAJUM

Firdausiyah, Yunita (2025) PENGARUH METODE JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP RIYADLUL QUR’AN NGAJUM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207006-YUNITA FIRDAUSIYAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207006-YUNITA FIRDAUSIYAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207006-YUNITA FIRDAUSIYAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207006-YUNITA FIRDAUSIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207006-YUNITA FIRDAUSIYAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1884207006-YUNITA FIRDAUSIYAH-BAB 5.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini yaitu upaya untuk mengetahui pengaruh metode jigsaw terhadap minat
belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran IPS di SMP Riyadlul Qur’an Ngajum tahun
ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini mebahas tentang Apakah terdapat pengaruh
metode jigsaw terhadap minat belajar dalam pembelajaran IPS pada Kelas VII di SMP
Riyadlul Qur’an Ngajum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode
pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode angket, metode wawancara
dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 85 dan sampel sebanyak
70 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pengaruh penggunaan metode jigsaw pada
pelajaran IPS terhadap Minat belajar di SMP Riyadlul Qur’an Ngajum adalah sebesar
11 %. Artinya adalah sebanyak 11 % minat belajar dipengaruhi oleh metode jigsaw,
sedangakan 89% minat belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada
dalam penelitian ini. Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa nilai
t hitung = 2.898 > t tabel = 2.352 maupun signifikansi 0,005 < 0,05, sehingga hipotesis
nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima, hasilnya signifikan dengan kesimpulan
bahwa terdapat pengaruh metode jigsaw terhadap minat siswa belajar dalam
pembelajaran IPS kelas VII di SMP Riyadlul Qur’an Ngajum. Hasil ini membuktikan
bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw telah memberi dampak dalam
meningkatkan minat belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, metode jigsaw, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:27
Last Modified: 26 Feb 2025 03:27
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item
View Item