PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMPAL-HIDAYAH KOTA MALANG

Muzayid, Ahmad (2025) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMPAL-HIDAYAH KOTA MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010103-AHMAD MUZAYID-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010103-AHMAD MUZAYID-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010103-AHMAD MUZAYID-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010103-AHMAD MUZAYID-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010103-AHMAD MUZAYID-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010103-AHMAD MUZAYID-BAB 5.pdf

Download (638kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII SMP Al-Hidayah Kota Malang. Berbagai
factor peneliti yang temukan seperti: 1) kurangnya keaktifan peserta didik 2)kurangnya
guru dalam mempersiapkan pembelajran 3) metode yang monoton. Maka untuk mengatasi
masalah tersebut peneliti menerapkan metode inkuiri agar aktivitas dan hasil belajar peserta
didik dapat meningkat.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh metode
inkuiri terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran PAI materi tentang puasa kelas VIII di
SMP Al- Hidayah Kebonsari Malang?. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui apakah ada
pengaruh metode inkuiri terhadap hasil pembelajaran mata pelajaran PAI materi tentang
puasa kelas VIII di SMP Al- Hidayah Kebonsari Kecamatan Sukun Kota Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Adapun jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu Quasi Experiment Design . Desain ini
mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk
mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Dalam
pengumpulan data peneliti menggunakan tes dan observasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode inkuiri
terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Hidayah Kota
Malang, hal ini berdasarkan perhitungan statistik nilai thitung sebesar 6,037 sedangkan
ttabel sebesar 2,074 dengan taraf signifikansi yang menunjukkan 0,000 < 0,05 sehingga
H0 ditolak. Hal ini juga di dukung oleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 89,58
lebih besar daripada kelas control yang memiliki nilai rata-rata sebesar 76,30

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri dan Hasil belajar peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:33
Last Modified: 26 Feb 2025 03:33
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item
View Item