PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV MI MAMBAUL ULUM PAKISAJI

Ali, Akhwan (2025) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV MI MAMBAUL ULUM PAKISAJI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864260005-AKHWAN ALI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864260005-AKHWAN ALI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864260005-AKHWAN ALI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864260005-AKHWAN ALI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864260005-AKHWAN ALI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864260005-AKHWAN ALI-BAB 5.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi guru hanya menggunakan metode ceramah
dan tanya jawab pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam. Penggunaan
metode tersebut kurang menarik perhatian siswa sehingga siswa cepat bosan dan
masih merasa kesulitan dalam menerima materi pembelajaran yang disampaikan
oleh guru. Siswa juga kurang mempunyai pengalaman yang berkesan dalam proses
pembelajaran Akibatnya dalam beberapa waktu kemudian kelas menjadi ramai dan
konsentrasi siswa terganggu yang membuat pemahaman siswa terhadap materi
menjadi kurang optimal.
Tujuan dalam penelitian ini adalah : mengetahui penerapan metode
pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata
pelajaran SKI kelas IV MI Mambaul ulum pakisaji
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester
II tahun ajaran 2021 / 2022 dalam dua siklus setiap siklus ada satu pertemuan.
Subjek penelitian ini siswa kelas IV MI Mambaul ulum pakisaji yang berjumlah 28
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar SKI
kelas IV MI Mambaul ulum pakisaji. Data prasiklus rata-rata keberhasilan hasil
belajar yang diperoleh oleh siswa 4 adalah 61,25 dan persentase ketuntasan hasil
belajar siswa mencapai 44,4%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75. Pada
siklus I, siswa yang tuntas berjumlah 20 orang, siswa yang tidak tuntas ada 8 orang
siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 71,3%. Berarti ada kenaikan
nilai rata-rata pra siklus ke siklus I sebesar 32,9%. Pada kegiatan siklus kedua nilai
rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 78,9 dengan rincian 24 siswa sudah
tuntas dan 4 anak masih belum tuntas. Selama pelaksanaan siklus II, hasil belajar
siswa menunjukkan peningkatan mencapai target keberhasilan yaitu 85,4%.
Dengan demikian ada kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,1%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mind mapping,sejarah kebudayaan Islam,Pemahaman siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:33
Last Modified: 26 Feb 2025 03:33
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item
View Item