UPAYA GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI SMP BUDI MULIA PAKISAJI

HUSNA, ARINAL (2025) UPAYA GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI SMP BUDI MULIA PAKISAJI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010107-ARINAL HUSNA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010107-ARINAL HUSNA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010107-ARINAL HUSNA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010107-ARINAL HUSNA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010107-ARINAL HUSNA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010107-ARINAL HUSNA-BAB 5.pdf

Download (544kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca materi
Al-Qur’an dan hadist dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
SMP Budi Mulia Pakisaji Kendati mewajibkan peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran di madarasah diniyah, masih di temukan beberapa peserta didik
yang tidak mampu membaca materi Al-Qur’an Hadits yang ada di lembar kerja
siswa (LKS) dengan lancar.
Maka dari itu penelitian ini memfokuskan pada: bagaimanakah
pembelajaran di madrasah diniyah akhlakul karimah, bagaimanakah upaya guru
madrasah diniyah dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits di SMP
Budi Mulia Pakisaji, bagaimanakah hasil belajar Al-Qur’an Hadits di SMP Budi
Mulia Pakisaji . Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pembelajaran di
madrasah diniyah akhlakul karimah, untuk mengetahui upaya guru madrasah
diniyah dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an di SMP Budi Mulia , dan
untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits di SMP Budi Mulia Pakisaji
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Dalam
penelitian kualitatif ini di lakukan dengan pendekatan deskriptif. Pendekatan
deskriptif yaitu metode penelitian yang menggambarkan semua data, keadaan
subjek, objek penelitian kemudai dianalisis dan dibandingkan berdasarkan
kenyataan yang sedang berlangsung pada saat ini.
Dan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan pembelajaran di
madrasah diniyah Akhlakul Karimah menggunakan metode pembelajaran Al
Qur’an dengan metode iqra’, dengan sistem pembelajaran campuran, antara sistem
sorogan atau individu (privat), Klasikal individu, Klasikal baca simak, (2) Upaya
yang dilakukan guru madrasah diniyah dalam meningkatkan kemampuan baca
tulis Al-Qur’an yaitu dengan memaksimalkan (a) peran guru, (b) menentukan
tujuan pembelajaran, (c) menentukan indikator-indikator keberhasilan membaca
Al-Qur’an, (d) menyusun perencanaan pembelajaran, (e) menentukan strategi
yang diterapkan dalam pembelajaran, (f) menentukan metode pembelajaran, (g)
menentukan evaluasi, (3) hasil belajar Al-Qur’an Hadits di SMP Budi Mulia
Pakisaji semakin meningkat, hasil evaluasi (ujian) telah mencapai KKM dan
mencapai indikator kelulusan (SKL).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Madrasah Diniyah, Meningkatkan Hasil Belajar, Al Qur’an Hadits
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:37
Last Modified: 26 Feb 2025 03:37
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item
View Item