STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DAN INQUIRY PADA PELAJARAN FIQIH KELAS XI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA AL-AZIZ

MILANIA, ERIKA (2025) STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING DAN INQUIRY PADA PELAJARAN FIQIH KELAS XI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA AL-AZIZ. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010061-ERIKA CATUR WULANDARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010061-ERIKA CATUR WULANDARI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010061-ERIKA CATUR WULANDARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010061-ERIKA CATUR WULANDARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010061-ERIKA CATUR WULANDARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010061-ERIKA CATUR WULANDARI-BAB 5.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa di MA AL – AZIZ.
Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang di gunakan di Lembaga ini kurang
bervariasi. Oleh karena itu, penelit imenerapkan dua metode yang berbeda di antara du a
kelas. Hal ini bertujuan untuk menentukan metode mana yang lebih menarik perhatian siswa.
Sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil belajar mereka.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain (1) bagaimana pelaksanaan
pembelajaran fiqih kelas XI dengan menggunakan metode Cooperative learning? (2)
bagaimana pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas XI dengan menggunakan metode inquiry?
(3) adakah perbandingan antara penerapan metode cooperative learning dan inquiry terhadap
hasil belajar siswa?. Sedangkan tujuannya antara lain (1) untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran fiqih kelas XI dengan menggunakan metode cooperative learning (2) untuk
mengetahui pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas XI menggunakan metode inquiry (3) untuk
mengetahui perbandingan antara penerapaan metode cooperative learning dan inquiry
terhadap hasil belajar siswa.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantiatif komparasi.
Dengan menggunakan uji independent sample t-test untuk menguji hipotesis yang telah
ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS-1 pada
pelajaran fiqih dengan metode cooperative learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil
belajar siswa kelas XI IPA yang menggunakan metode inquiry. Hal ini dapat dilihat dari nilai
signifikan (2-tailed) > 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai signifikan dari hasil
penelitian adalah 0.53 dan 0.54

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Cooperative Learning, Inquiry, Pelajaran Fiqih.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:43
Last Modified: 26 Feb 2025 03:43
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item
View Item