FATONA, FATMAWATI DARA (2025) PENGARUH PENERAPAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NU BULULAWANG MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010004-FATMAWATI DARA FATONA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010004-FATMAWATI DARA FATONA-BAB 1.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010004-FATMAWATI DARA FATONA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010004-FATMAWATI DARA FATONA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010004-FATMAWATI DARA FATONA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010004-FATMAWATI DARA FATONA-BAB 5.pdf
Download (420kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang interaktif dalam kegiatan
pembelajaran di dalam kelas, sebagian guru yang masih menerapkan metode
konvensional, dan ketuntasan hasil belajar siswa yang masih di bawah rata-rata.
Maka untuk mengatasi hal tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran
talking stick, untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan
meningkatkan antusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan
meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: pertama bagaimana
penerapan metode talking stick dalam pembelajaran PAI pada siswa SMP NU
Bululawang, kedua bagaimana hasil belajar siswa SMP NU Bululawang
terhadap mata pelajaran PAI sebelum dilakukan penerapan metode talking stick,
dan yang ketiga bagaimana pengaruh hasil belajar mata pelajaran PAI melalui
metode talking stick pada siswa SMP NU Bululawang. Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan serta pengaruh metode
talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP NU Bululawang
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
model eksperimen. Bentuk penelitiannya adalah Quasi Eksperimental Desaign.
Rancangan penelitian menggunakan pre-test dan post-test group desaign.
Adapun hasil analisis menggunakan Uji Independent T-Test memperoleh nilai
signifikasi 0.000 dengan taraf α sebesar 5%, berati Ho ditolak dan Ha diterima
maka hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick
terbukti berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Talking Stick, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:49 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:49 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/927 |