RAHMA, IKA NURIA (2025) IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AL-QUR’AN DI SMP BINTANG ROUDLOH DESA CODO KECAMATAN WAJAK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010073-IKA NURIA RAHMA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010073-IKA NURIA RAHMA-BAB 1.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010073-IKA NURIA RAHMA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010073-IKA NURIA RAHMA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010073-IKA NURIA RAHMA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010073-IKA NURIA RAHMA-BAB 5.pdf
Download (532kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bagaimana jika peserta didik dari lembaga pendidikan yang notabenenya Madrasah memiliki kemampuan yang kurang dalam membaca dan menulis alQur‟an.Banyak faktor yang peneliti temui mengenai kemampuan membaca dan menulis al-Qur‟an siswa seperti:siswa kurang lancar dalam membaca dan menulis alQur‟an,siswa kurang memahami huruf-huruf hijaiyah yang digandeng dan juga kurang tepatnya siswa dalam segi panjang pendek bacaan,tajwid maupun makharijul hurufnya.Jenis peneliti
pendekata netnografi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah :Bagaimana kemampuan membaca dan menulis al-Qur‟an siswa di SMP Bintang Roudloh Codo ? Bagaimana Implementasi metode tartila dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur‟an siswa diSMP Bintang Roudloh Codo?dan Apasaja faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tartila di SMP Bintang Roudloh Codo?.Sedangkan tujuannya untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca dan menulis al-Qur‟an siswa di SMP Bintang Roudloh Codo,
untuk mengetahui bagaimana penerapan metode tartila dalam
meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur‟an siswa di SMP Bintang Roudloh Codo dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukungdan penghambat penerapan metode tartila di SMP Bintang Roudloh Codo.
jenis penenlitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun model penelitian kualitatif yang digunakan adalah model Cresswell, peneliti melaksanakan penelitian dengan mewawancarai partisipan penelitian dengan mengajukan pertanyaan yang umum dan agak luas. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode tartila sudah cukup mampun dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-quran siswa. Hal ini dapat dilihat dalam evaluasi setiap 6 bulan sekali atau tiap satu semester yaitu berupa pembagian rapor yang menunjukkan hasil belajar siswa dengan metode tartila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MetodeTartila, kemampuan membaca dan menulis al-Qur‟an siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:53 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:53 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/934 |