IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMK DIPONEGORO TUMPANG

ZAHRO, INAS MALIKHATUS (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMK DIPONEGORO TUMPANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010071-INAS MALIKHATUS ZAHRO-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010071-INAS MALIKHATUS ZAHRO-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010071-INAS MALIKHATUS ZAHRO-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010071-INAS MALIKHATUS ZAHRO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010071-INAS MALIKHATUS ZAHRO-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010071-INAS MALIKHATUS ZAHRO-BAB 5.pdf

Download (662kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tingkat penggunaan sebuah metode belajar Al
Qur’an yang masih kurang di manfaatkan di sekolah formal maupun nonformal, maka
dari itu kegunaan penelitian ini adalah untuk dijadikan sebuah wawasan pengetahuan
bagi sekolah formal maupun nonformal lainnya untuk meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep
pembelajaran metode ummi di SMK Diponegoro Tumpang? 2) Bagaimana dampak
implementasi metode ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik
di SMK Diponegoro Tumpang? 3) Apa faktor penghambat dan pendukung metode
ummi di SMK Diponegoro Tumpang?
Tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah adalah ; 1) Untuk
mendekskripsikan konsep pembelajaran metode ummi di SMK Diponegoro Tumpang.
2) Untuk mendekskripsikan dampak implementasi metode ummi terhadap kemampuan
membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK Diponegoro Tumpang. 3). Untuk
mendekskripsikan faktor penghambat dan pendukung bmetode ummi di SMK
Diponegoro Tumpang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif yang
bertujuan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi dan realitas sosial yang
ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian sebagai suatu gambaran tentang
kondisi, situasi atau fenomena tertentu. Pengumpulan data yang digunakan dalam
memperoleh data pada penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ummi sangat tepat digunakan
untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SMK
Diponegoro Tumpang, peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil dan
sesuai standart yang telah di tentukan, dengan adanya metode ummi dalam
pembelajaran Al-Qur’an di SMK Diponegoro Tumpang mampu menghasilkan
generasi yang bisa menjadi guru Al-Qur’an. Maka dengan adanya metode ummi di
SMK Diponegoro Tumpang dapat dijadikan contoh bagi sekolah yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:54
Last Modified: 26 Feb 2025 03:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item
View Item