Musadat, Irfan (2025) PENGARUH METODE MENGHAFAL TERHADAP PENINGKATAN ASPEK KOGNITIF SANTRI DI MADRASAH DINIYAH TINGKAT ULYA (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Babussalam Pagelaran). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010145-KHOFIFAH LINDA SILFIA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010145-KHOFIFAH LINDA SILFIA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010145-KHOFIFAH LINDA SILFIA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010145-KHOFIFAH LINDA SILFIA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (500kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010145-KHOFIFAH LINDA SILFIA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010145-KHOFIFAH LINDA SILFIA-BAB 5.pdf
Download (382kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana gambaran penerapan
metode menghafal di madrasah diniyah tingkat ulya babussalam pagelaran. 2)
bagaimana pengaruh metode menghafal terhadap peningkatan aspek kognitif santri
dimadrasah diniyah tingkat ulya babussalam pagelaran
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Oleh karena itu teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan
observasi, dokumentasi dan angket. Dalam hal ini yang diperlukan untuk mengetahui
ada atau tidak adanya pengaruh menghafal terhadap peningkatan aspek kognitif
santri,maka penulis menggunakan menggunakan rumus regresi sederhana. Dengan
jumlah sample sebanyak 39 responden.
Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa metode menghafal santri
madrasah diniyah tingkat ulya babussalam pagelaran berada dalam kategori cukup baik
yaitu pada interval 30-31 dengan nilai rata-rata 30,87. Begitu juga dengan kecerdasan
kognitif santri madrasah diniyah tingkat ulya babussalam pagelaran berada dalam
kategori cukup baik pada interval 22-23. Dari hasil uji t, nilai thitung menghafal sebesar
3,439 lebih besar dari nilai ttabel yang telah ditetapkan sebesar 2,026. Sedangkan nilai
signifikansi 0,001 < 0,05. Selain itu, diketahui persamaan regresi dengan rumus Y = a
+ bX adalah Y = 5,729 + 0,656X. Dengan demikian, dapat dinyatakan terdapat
pengaruh antara menghafal terhadap peningkatan aspek kognitif santri Madrasah
diniyah tingkat ulya babussalam pagelan. Adapun besarnya pengaruh menghafal
terhadap peningkatan aspek kognitif adalah 0,242 atau 24,2% dan sisanya 75,8%
dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh metode menghafal, aspek kognitif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:02 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:02 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/944 |