MUFIDA, LILIK (2025) UPAYA GURU MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS ROUDLOTUL UQUL PAKISAJI KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010112-LILIK MUFIDA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010112-LILIK MUFIDA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010112-LILIK MUFIDA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010112-LILIK MUFIDA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010112-LILIK MUFIDA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010112-LILIK MUFIDA-BAB 5.pdf
Download (925kB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis
tentang upaya yang dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Fiqh dalam Meningkatkan
Prestasi Berjamaah Siswa di MTs Roudlotul Uqul Pakisaji Kabupaten Malang.
Faktor pendukung dan penghambat serta cara mengatasi hambatan tersebut. Kajian
skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Pelajaran Fiqih dalam Kehidupan, hasil
penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk pertimbangan dan masukan
pembelajaran Pendidikan Fiqih di MTs Roudlotul Uqul Pakisaji Kabupaten
Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenamenalogis, dalam hal ini berusaha memahami arti pristiwa dan kaitan
kaitannya terhadap orang- orang biasa dalam situasi-situasi tertentu. Kaitannya
dengan hal ini maka peneliti berusaha memahami dan mengetahui mengenai upaya
guru fiqih kelas VII MTs Roudlotul Uqul Pakisaji Kabupaten Malang. Tekhnik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data digunakan dengan langkah- langkah reduksi data,
penyajian data dan verivikasi data serta trianggulasi.
Adapun upaya guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada
pembelajaran fiqih kelas VII di MTs Roudlotul Uqul Pakisaji Kabupaten Malang
menunjukkan bahwa : a) Memberikan motivasi pada peserta didik, b)
Menggunakan strategi pembelajaran yang variatif, c) Menggunakan metode
pembelajaran yang menarik dan tidak menoton, d) Menggunakan media
pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi pembelajaran. Adapun faktor
penghambatnya: a) Kebanyakan imput siswa dari sekolah umum, b) Kurangnya
motivasi juga kontrol belajar pada peserta didik di rumah dari orang tua. Adapun
faktor pendukungnya: a) Tersedianya Media komputer, b) Penguasaan dan
kemahiran guru dalam menggunakan media pembelajaran. Solusi guru dalam
mengatasi hambatan siswa dalam prestasi belajar siswa. a) memberikan jam
tambahan dan bimbingan khusus pada peserta didik, b) adanya kerja sama antara
orang tua dan sekolah untuk memberikan pengawasan dengan harapan peserta didik
akan lebih meningkat prestasi belajarnya, c) Menumbuhkan kesadaran siswa agar
suka membaca buku daripada menonton TV dan main game.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:56 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:56 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/950 |