HUDI, M. RIDWAN (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ASWAJA PESERTA DIDIK DI MTS MIFTAHUL ULUM ARGOTIRTO SUMBERMANJING WETAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010058-M.RIDWAN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010058-M.RIDWAN-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010058-M.RIDWAN-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010058-M.RIDWAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010058-M.RIDWAN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010058-M.RIDWAN-BAB 5.pdf
Download (630kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk membentuk karakter
aswaja kepada siswa siswi Mts Miftahul Ulum dalam bersosial di masyarakat,
yang dimana di era modern ini semakin berkurangnya ahlak anak muda dalam
bersosial di masyarakat secara umum, bahkan banyak yang sudah terpengaruh oleh
budaya luar yang notabenya kurang baik diterapkan untuk bersosia di lingkungan
daerah yang penduduknya mayoritas beragama Islam.
berdasarkan Fokus Penelitian.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah Bagaimana Langkah-Langkah Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Ahlussunnah Wal Jama’ah
siswa di MTS Miftahul Ulum Argotirto Sumbermanjing Wetan, selanjutnya
Bagaimana Hasil Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter
Ahlussunnah Wal Jama’ah siswa di MTS Miftahul Ulum Argotirto Sumbermanjing
Wetan . Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menjawab
Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah jenis deskriptif
kualitatif. Dalam penelitian ini teknik dalam mengumpulkan data ada tiga macam,
yakni, dengan metode observasi, Interview, dan dokumentasi. Teknik uji
keabsahan data yaitu dengan menggunakan metode etnografi. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan karakter yang
cukup signifikan pada siswa. Dikarenakan terdapat kegiatan aswaja yang
mengharuskan mereka untuk mengikuti kegiatan tersebut. Seperti contoh sholat
dhuha, diba’, khotmil quran yang dilakukan sebulan sekali. Kegiatan tersebut dapat
mmelatih kedisiplinan siswa dalam bermasyarakat yang berhaluan ahlussunnah
waljamaah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi guru pendidikan agama islam, membentuk karakter aswaja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 05:00 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 05:00 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/954 |