ANDRIYAN, M. WAHYU (2025) PENGARUH KREATIVITAS GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X ( SEPULUH) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010088-M. WAHYU ANDRIYAN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010088-M. WAHYU ANDRIYAN-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010088-M. WAHYU ANDRIYAN-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010088-M. WAHYU ANDRIYAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010088-M. WAHYU ANDRIYAN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010088-M. WAHYU ANDRIYAN-BAB 5.pdf
Download (292kB)
Abstract
Pendidikan di indonesia terdapat permasalahan- permasalahan yang
menjadi perbincangan, diantara permasalahan tersebut adalah dalam hal metode
dan proses dalam pembelajaran. Guru hanya terpaku pada satu metode saja yaitu
metode ceramah dan memberikan penugasan dalam proses pembelajaran dala
kegiatan belajar maka guru harus selalu mendorong, membimbing untuk mencapai
tujuan. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar adalah kreativitas guru.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1). Bagaimana kreativitas guru
SKI di MAN 2 Kabupaten Malang?. 2). Bagaimanakah minat belajar peserta didik
di MAN 2 kabupaten malang?. 3). Apakah ada Pengaruh Kreativitas Guru SKI
Terhadap minat belajar peserta didik di MAN 2 kabupaten malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru SKI di
MAN 2 Kabupaten Malang. untuk mengetahui minat belajar peserta didik di MAN
2 kabupaten malang. untuk menguji pengaruh kreativitas Guru SKI Terhadap minat
belajar peserta didik di MAN 2 kabupaten malang.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kreativitas yang dimiliki guru
SKI di Madrasah Negeri 2 Kabupaten Malang khusnya kelas X (Sepulu) Berupa
tinggakat kreativitas guru Sejarah Kebudayaan Islam menunjukkan kreativitas
signivikan Pada tabel diatas uji validitas instrumen variable X (Kretivitas Guru)
seluruh butir item angket diperoleh item tersebut dinyatakan valid semua. (2)
Tinggakat minat pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik
menunjukkan signivikan Pada tabel diatas uji validitas instrumen variabel Y (Minat
Belajar Peserta Didik ) seluruh butir item angket diperoleh item tersebut dinyatakan
valid semua.
Dapat diketahui variabel Kreativitas Guru memiliki nilai cronbach alpha
sebesar 0.743, dan Minat Belajar dengan nilai cronbach alpha0. 778. Artinya
seluruh variable-variabel dalam penelitian memiliki nilai cronbach alpha yang lebih
dari 0,60 sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap variabel- variabel penelitian
dinyatakan reliabel atau handal. Dari hasil diatas diketahui nilai Realiabilitas pada
hasi uji regresi sederhana sebesar 0.339. nilai ini mengandung arti pengaruh
Persentase Variabel kreativitas guru terhadap minat belajar peserta didik itu
pengaruhnya sebesar 33.9% dan sisanya 66.1 % dari total 100 dipengaruhi oleh
variable lain yang tidak dimasukkan didalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Kreativitas Guru, Minat Belajar Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:30 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:30 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/955 |