NUZULA, MMELITA ADITIYA FIRDAUSIL (2025) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAQ BERBASIS KITAB KIFAYATUL AWAM KELAS XII MIPA I DI MADRASAH ALIYAH AL-AZIZ DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010156-MELITA ADITIYA FIRDAUSIL NUZULA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010156-MELITA ADITIYA FIRDAUSIL NUZULA-BAB 1.pdf
Download (998kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010156-MELITA ADITIYA FIRDAUSIL NUZULA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010156-MELITA ADITIYA FIRDAUSIL NUZULA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (987kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010156-MELITA ADITIYA FIRDAUSIL NUZULA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010156-MELITA ADITIYA FIRDAUSIL NUZULA-BAB 5.pdf
Download (417kB)
Abstract
Madrasah Aliyah untuk pembelajaran tidak jauh beda dengan
Sekolah Menengah Atas perbedaannya hanya dalam jenjang Madrasah
Aliyah pembelajaran agamanya lebih diperdalam dan dipilah-pilah. Melihat
materi yang ada dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq tak jauh beda dengan
penjelasan yang ada pada kitab Kifayatul Awam, guru mencoba
mengkolaborasikan antara Lembar Kerja Siswa dengan Kitab Kifayatul
Awam yang bertujuan dapat memudahkan pembelajara, mudah memperdalam
pelajaran, lebih luas pemahamannya.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran Akidah Akhlaq berbasis kitab kuning kelas XII MIPA I di
Madrasah Aliyah Al-Aziz Dampit. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlaq berbasis
kitab kifayatul awam kelas XII MIPA I di Madrasah Aliyah Al-Aziz
Dampit. (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran Akidah
Akhlaq berbasis kitab kuning kelas XII MIPA I di Madrasah Aliyah Al
Aziz Dampit
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) pada proses pelaksanaan
pembelajaran masih terdapat kekurangan antara lain belum ada perangkat
pembelajaran yang baku untuk materi ini. (2) dalam pelaksanaan
pembelajaran memiliki faktor pendukung yaitu (a) mayoritas dibawah
naungan yayasan pondok pesantren (b) dukungan dari wali murid yang
putrinya
tidak
berada
dipesantren
(c)
tidak
menghilangkan khas
kepesantrenan meskipun dalam pendidikan formal. Dan faktor penghambat
yaitu (a) tidak adanya perangkat pembelajaran yang baku (b) keterbatasan
waktu (c) kurang tepatnya dalam memilih kitab. (3) hasil pelaksanaan
pembelajarn Akidah Akhlaq berbasis kitab Kifayatul Awam kelas XII
MIPA I di Masrasah Aliyah Al-Aziz Dampit mencangkup tiga ranah aspek
yaitu: kognitif, efektif dan psikomotorik. Dibuktikan adanya nilai siswa
yang melebihi dati KKM 70, sikap sopan santun saat bertemu dan
berpapasan dengan guru, fahamnya dalam mengkolaborasikan antara dua
mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran, Mata Pelajaran Akidah Akhlaq, Kitab Kifayatul Awam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:33 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:33 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/959 |