ANWAR, MOH SAIFUL (2025) PENDIDIKAN KARAKTER MEALUI METODE PEMBIASAAN DI SMP AN-NUR AL ANWAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010132-MOH SAIFUL ANWAR-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010132-MOH SAIFUL ANWAR-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010132-MOH SAIFUL ANWAR-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010132-MOH SAIFUL ANWAR-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010132-MOH SAIFUL ANWAR-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010132-MOH SAIFUL ANWAR-BAB 5.pdf
Download (592kB)
Abstract
Di zaman yang modern ini sekolahan berlomba lomba menerapkan dan
mencari metode untuk menunjang pembelajaran yang efektif, guna menciptakan
pendidikan yang bagus dan ciri khas tersendiri bagi sekolah tersebut. Pendidikan
karakter sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Oleh
karena itu, salah satu yang diterapkan adalah pembentukan karakter siswa melalui
metode pembiasaan sebagaimana di SMP An-Nur Al Anwar guru telah
mengkonsep pendidikan karakter untuk meningkatkan kepribadian siswa dan
meningkatkan religius siswa melalui metode pembiasaan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep pendidikan
karakter melalui metode pembiasaan di SMP An-Nur Al Anwar?, 2) Bagaimana
penerapan metode pembiasaan dengan pendidikan karakter di SMP An-Nur Al
Anwar?, 3) Bagaimana dampak melalui metode pembiasaan di SMP An-Nur Al
Anwar?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field
research. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka
kurikulum, guru keagamaan dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi
data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah, 1) konsep pendidikan karakter melalui metode
pembiasaan : a) proses bimbingan guru, b) adanya kegiatan-kegiatan pembiasaan
untuk menanamkan karakter pada peserta didik untuk menciptakan budaya positif
di linkungan sekolah. 2) penerapan metode pembiasaan dengan pendidikan
karakter terdiri dari 4 (empat), Pertama, pembiasaan terprogram, Kedua,
pembiasaan rutin, Ketiga pembiasaan spontan, empat, pembiasaan keteladanan. 3)
dampak dari metode pembiasaan menjadikan siswa di SMP An-Nur Al Anwar
memiliki karakter yang religius, displin dan peduli sosial yang tinggi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Metode pembiasaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:42 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:42 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/962 |