Ali, Muh Mahrus (2025) AKTUALISASI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKTKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010028-MUH MAHRUS ALI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010028-MUH MAHRUS ALI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010028-MUH MAHRUS ALI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010028-MUH MAHRUS ALI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (843kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010028-MUH MAHRUS ALI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010028-MUH MAHRUS ALI-BAB 5.pdf
Download (285kB)
Abstract
Peran kepala sekolah dalam memimpin suatu lembaga ada beberapa
peran yaitu : sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader,
innovator, dan motivator. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus utama yaitu
peran kepala sekolah sebagai supervisor, terutama aktualsasi kepala sekolah
sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengentahui aktualisasi
kepala sekolah SMP NU Sunan Giri Kepanjen, supervisi kepala sekolah dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, faktor pendukung dan penghambat
kepala sekolah dalam pelaksanaan supervise untuk meningkatkan pembelajaran
PAI.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan
kualitatif, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah. Data dianalisi
dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini maka dapat dilihat bagaimana aktualisasi
kepala sekolah SMP NU Sunan Giri Kepanjen. Kepala sekolah SMP NU Sunan
Giri Kepanjen sudah baik menjalankan perannya sebagai edukator, manajer,
administrator, leader, innovator, dan motivator. Untuk peran sebagai supervisor
belum sepenuhnya berhasil dilaksanakan oleh kepala sekolah SMP NU Sunan Giri
Kepanjen. Adapun factor pendukung pelaksanaan supervisi kepala sekolah SMP
NU Sunan Giri Kepanjen yaitu kebutuhan yang mendesak untuk dilaksanakan
supervise dan tingkatan serta jenis sekolah. Untuk faktor penghambatnya yaitu
kemauan kordinasi antar guru PAI yang belum maksimal dan kecakapan kepala
sekolah kurang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktualisasi kepala sekolah, supervise, pendidikan agama islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:46 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:46 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/966 |