Mujahidin, Muhammad (2025) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS VII DI MTS MIFTAHUL HUDA KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010017-MUHAMMAD MUJAHIDIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010017-MUHAMMAD MUJAHIDIN-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010017-MUHAMMAD MUJAHIDIN-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010017-MUHAMMAD MUJAHIDIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (811kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010017-MUHAMMAD MUJAHIDIN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010017-MUHAMMAD MUJAHIDIN-BAB 5.pdf
Download (275kB)
Abstract
Judul ini diambil dan diteliti karena di latar belakangi maraknya remaja sekarang
yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur‟an yang sangat minim dan bahkan
belum bisa membaca Al-Qur‟an dengan baik. Jika dilihat dari sumber belajar yang
ad, seharusnya siswa pada zaman sekarang lebih mudah belajar. Karena tidak
hanya mengandalkan guru sebagai media ajar. Tapi banyak teknologi yang bisa
digunakan untuk belajar tapi disalah fungsikan oleh para siswa. Sebenarnya para
siswa ini mempunyai kemampuan dasar dalam membaca Al-Qur‟an, tapi untuk
pengembangan kemampuan mereka inilah yang menjadi masalah.
Semakin mereka tumbuh bukan semakin mereka giat untuk membaca Al-Qur‟an,
tapi semakin mereka tumbuh semakin lupa dengan Al-Qur‟an. Inilah fenomena
yang terjadi untuk sebagian besar siswa. Maka untuk itu peran guru sekolah,
khusunya guru Baca Tulis Al-Qur‟an sangat diperlukan untuk menumbuh
kembangkan kembali kebiasaan untuk membaca Al-Qur‟an pada siswa yang
sempat hilang.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana
pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur‟an siswa dan bagaimana peran guru
agama islam dalam meningkatkan Baca Tulis Al-Qur‟an kelas VII di MTs
Miftahul Huda Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dimana menggunakan
kajian tudi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara serta dokumentasi. Dalam pembahasan hasil penelitian,
penulis menggunakan analisis data deskriktif sebagai metode dalam memperoleh
kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : 1) tingkat kemampuan baca tulis Al-Qur‟an siswa
yang beragam. Dimuali dari hanya mengenal huruf hijaiyah sampa kemampuan
baca tulis Al-Qur‟an yang sudah baik. 2) dalam meningkatkan kemampuan baca
tulis Al-Qur‟an siswa, peran guru agama islam sangat membantu. Dimulai dari
metode mengajar sampai pemilihan tempat untuk belajar. Semua diperhatikan
oleh guru agar proses yang mereka lakukan benar-benar bermakna . 3) banyak
upaya yang dilakukan oleh guru dalam upaya yang dilakukan oleh guru dalam
membantu siswa dalam kegiatan baca tulis Al-Qur‟an. Tidak semua upaya
tersebut berjalan sesuai harapan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Agama Islam, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur‟an |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:49 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/970 |