Jazulli, Mukhammad Akhsan (2025) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI KEGIATAN BTQ DI SMPN 1 TUREN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010082-MUKHAMMAD AKHSAN JAZULLI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010082-MUKHAMMAD AKHSAN JAZULLI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010082-MUKHAMMAD AKHSAN JAZULLI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010082-MUKHAMMAD AKHSAN JAZULLI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (852kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010082-MUKHAMMAD AKHSAN JAZULLI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010082-MUKHAMMAD AKHSAN JAZULLI-BAB 5.pdf
Download (392kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam
mempelajari Al Qur’an yang menjadi penyebab rendahnya kualitas pendidikan
ilmu agama, terutama dalam kemampuan membaca Al Qur’an. Hal ini dapat
dilihat ketika kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dilaksanakan. Banyak siswa
yang masih belum lancar dan benar dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu,
Guru PAI melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas membaca
siswa. Maka peneliti tertarik untuk meneliti Upaya Guru PAI Dalam
Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Kegiatan BTQ di
SMPN 1 Turen.
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana konsep peningkatan
kemampuan membaca Al-Qur-an melalui kegiatan BTQ di SMPN 1 Turen?, 2)
Bagaimana penerapan kegiatan BTQ di SMPN 1 Turen?, 3) Bagaimana dampak
pelaksanaan kegiatan BTQ di SMPN 1 Turen?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field
research. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, waka
kurikulum, guru keagamaan dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi
data, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah, 1) konsep peningkatan kemampuan membaca
Al-Qur’an siswa dilaksanakan melalui kegiatan BTQ dengan memfokuskan pada
poin membaca. 2) penerapan kegiatan BTQ di SMPN 1 Turen meliputi 3 tahap
yaitu persiapan, kegiatan inti dan penutup. Dengan menggunakan metode
menyimak dan menirukan bacaan yang dicontohkan guru. 3) Dampak dari
kegiatan BTQ di SMPN 1 Turen yaitu meningkatkan kemampuan membaca Al
Qur’an siswa yang sebelum mengikuti kegiatan BTQ mereka belum lancar dalam
membaca, namun setelah mengikuti kegiatan BTQ mereka lebih lancar dan benar
dalam membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru PAI, Kualitas Membaca Al-Qur’an, Kegiatan BTQ |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:51 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:51 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/974 |