PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH

Khusnah, Solikhatul (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010066-SHOLIKHATUL KHSUNAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010066-SHOLIKHATUL KHSUNAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010066-SHOLIKHATUL KHSUNAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010066-SHOLIKHATUL KHSUNAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010066-SHOLIKHATUL KHSUNAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010066-SHOLIKHATUL KHSUNAH-BAB 5.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap
hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama’
Miftahul Huda Bokor Pagedangan Turen. Penelitian ini dilatar belakangi masih
rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hal
ini diduga karena kurangnya pemanfaatan strategi pembelajaran disekolah masih belum
optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri
terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul
Ulama’ Miftahul Huda Bokor Pagedangan Turen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
inkuiri terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih. Penelitian ini dilakukan di kelas VII
A sebagai kelas Eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol Madrasah Tsanawiyah
Nahdlatul Ulama’ Miftahul Huda Bokor Pagedangan Turen. Metode penelitian yang
digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent
Control Group. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah Clusster Sampling
dengan menggunakan tes sebagai instrumen penelitian pada populasi 397 siswa yang
diambil sampel berjumlah 44 siswa untuk memperoleh data yang diolah dan dianalisis
dengan teknik statistic deskriptif dan statistic inferensial.
Berdasarkan pengolahan data uji t ( Paired Sample T-Test), maka dapat
diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) hasil pretest dan posttest (<,001) lebih kecil
dibandingkan dengan nilai taraf signifikan (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima, ini berarti bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri , pada hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:06
Last Modified: 27 Feb 2025 02:06
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item
View Item