KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF DI TPQ AL-KHOIR

Azizah, Siti Laili (2025) KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF DI TPQ AL-KHOIR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010072-SITI LAILI AZIZAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010072-SITI LAILI AZIZAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010072-SITI LAILI AZIZAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010072-SITI LAILI AZIZAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010072-SITI LAILI AZIZAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010072-SITI LAILI AZIZAH-BAB 5.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana cara Kreativitas Guru
Al-Qur’an dalam Menciptakan Situasi Belajar Mengajar yang Efektif di TPQ Al-Khoir.
Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi
kurang efektifnya belajar peserta didik seperti: 1) Kurang perhatian dan kerjasama oleh
orang tua peserta didik, 2) Keterlambatan berangkat peserta didik, 3) Sebagian peserta
didik masih kurang memahami huruf-huruf hijaiyah, 4) Peserta didik masih belum
mengetahui tentang perintah dan hanya mau main sendiri.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep kreativitas
guru Al-Qur’an dalam menciptakan pembelajaran yang efektif di TPQ Al-Khoir ?, 2)
Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an dalam menciptakan
kreativitas untuk suasana belajar yang efektif di TPQ Al-Khoir ?. Sedangkan tujuan dari
kedua rumusan masalah adalah untuk menciptakan pembelajaran yang efektif di TPQ
Al-Khoir agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat efektif bagi peserta didk.
Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif, yaitu seorang peneliti menggambarkan meringkas diberbagai
kondisi, berbagai realita yang menjadi objek penelitian dengan langkah-langkah sebagai
berikut: 1) Tahap pra-lapangan, 2) Tahap kegiatan lapangan, 3) Tahap analisis data.
Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan
meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Konsep Kreativitas Guru
Al-Qur’an dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dapat meningkatkan hasil
belajar peserta didik, setiap guru di TPQ Al-Khoir memiliki cara tersendiri dalam
pengajarannya agar membuat peserta didiknya dapat nyaman ketika menerima
pembelajaran karena kebanyakan dari peserta didik anak usia dini jadi guru harus sabar
dalam memberikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru Al-Qur’an dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:06
Last Modified: 27 Feb 2025 02:06
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item
View Item