Dewi, Sofi Kristina (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NAHDLATUL ULAMA’ GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010033-SOFI KRISTINA DEWI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010033-SOFI KRISTINA DEWI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010033-SOFI KRISTINA DEWI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010033-SOFI KRISTINA DEWI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010033-SOFI KRISTINA DEWI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010033-SOFI KRISTINA DEWI-BAB 5.pdf
Download (408kB)
Abstract
Pembelajaran pendidikan agama islam merupakan pendidikan yang
penting bagi lingkungan hidup manusia, maka penting juga ditanamkan pada diri
manusia nilai-nilai islam yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa.
Mempelajari pendidikan agama islam di sekolah merupakan tugas guru dengan
memberikan materi, mendidik peserta didik untuk selalu disiplin dalam kegiatan
belajar mengajar, sehingga guru mampu menjadikan peserta didik sesuai dengan
visi, misi dan tujuan yang di harapkan. Dalam pembelajaran ditemukan ada
beberapa kendala dalam upaya tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang bagaimana cara
Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP NU Gondanglegi. Banyak faktor
yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi minat belajar
pada pembelajaran PAI seperti: 1) Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa
pada mata pelajaran PAI di SMP NU Gondanglegi, 2) Untuk mengetahui
implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran PAI, 3) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan
pendukung implementasi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata
pelajaran PAI.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah minat
belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP NU Gondanglegi?, 2) Bagaimana
implementasi pendekatan saintifik dalam meningkatkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran PAI?, 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi
dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI?
Jenis penelitian yang digunakan peneliti ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu seorang peneliti menggambarkan
meringkas diberbagai kondisi,berbagai realita yang menjadi objek penelitian
dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Tahap pra lapangan, 2) Tahap
pelaksanaan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen
penelitian yang diperlukan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi pendekatan
saintifik di SMP NU Gondanglegi sudah terlaksana dengan baik hanya saja krang
maksimal, tetapi guru mampu membantu peserta didik untuk menemukan
permasalahan yang terkait dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan, sehingga
membantu peserta didik mampu berfikir secara kritis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran PAI. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:08 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:08 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/996 |