PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS (IV, V, DAN VI) DI MI MIFTAHUL HUDA MOJOSARI KEPANJEN

Hasanah, Manzilatul (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS (IV, V, DAN VI) DI MI MIFTAHUL HUDA MOJOSARI KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600013-MANZILATUL HASANAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600013-MANZILATUL HASANAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600013-MANZILATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600013-MANZILATUL HASANAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600013-MANZILATUL HASANAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600013-MANZILATUL HASANAH-BAB 5.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pengguna gadget di kalangan pelajar dan rendahnya motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19. Terdapat banyak kasus yang terjadi di kalangan pelajar akibat pengggunaan gadget yang
tidak semestinya, yang kemudian dapat mempengaruhi prestasi belajar yang akan diraih. Selain itu, banyak juga terjadi penurunan prestasi belajar di kalangan
pelajar akibat rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa pasca pandemi Covid-19. MI Miftahul Huda Mojosari Kepanjen juga menggunakan gadget sebagai media penyampai bahan ajar selama masa pandemi Covid-19. Dan
motivasi beberapa siswa di MI tersebut juga banyak yang mengalami perubahan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menjadikan siswa-siswi di MI tersebut
sebagai objek penelitian. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan gadget dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar siswa kelas IV, V, dan VI di MI Miftahul Huda Mojosari Kepanjen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis korelasional. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa angket untuk variabel penggunaan gadget dan motivasi belajar
dan dokumentasi untuk variabel prestasi belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan gadget tidak berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV, V, dan VI
di MI Miftahul Huda Mojosari Kepanjen. (2) Motivasi belajar juga tidak berpengaruh positif berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa
kelas IV, V, dan VI di MI Miftahul Huda Mojosari Kepanjen. (3) Penggunaan gadget dan motivasi belajar tidak berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi
belajar siswa. Penggunaan gadget dan motivasi belajar bukan faktor utama yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan prestasi belajar dan masih ada
faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar. Seperti halnya minat dan bakat siswa, kondisi psikis siswa, tingkat intelegensi siswa dan masih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:39
Last Modified: 27 Feb 2025 03:39
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item
View Item