Afninda, Afninda (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321010-AFNINDA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321010-AFNINDA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321010-AFNINDA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321010-AFNINDA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321010-AFNINDA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321010-AFNINDA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V pada materi organ pernapsan manusia, faktor yang yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa yakni: 1) kurangnya antusias siswa pada saat pembelajaran
2) metode pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya metode ceramah, 3) belum adanya media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu solusi yang ditawarkan peneliti adalah penggunaaan media pembelajaran interaktif berbasis
genially. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah implementasi media pembelajaran interaktif berbasis genially untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V pada materi organ pernapsan manusia? 2) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V setelah diterapkan media pembelajaran interaktif berbasis genially
pada materi organ pernapsan manusia? Sedangkan tujuannya 1) mendeskripsikan implementasi media pembelajaran interaktif berbasis genially untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organ pernapasan manusia 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas V setelah diterapkan media pembelajaran interaktif berbasis genially pada materi organ pernapasan manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa PTK kolaborasi. Adapun model PTK yang dipakai adalah model Kemmis
dan Mc Taggart. Model tindakan ini ini memiliki empat alur penelitian yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen lembar tes tulis, lembar observasi, dan pedoman
wawancara. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa MI Al Ihsan Jeru yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siklus I didapatkan
presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 69,69% dengan rata-rata kelas 69,42. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 87,87% dengan rata-rata kelas sebesar 84,15. Hasil penelitian ini menunjukkan selalu ada peningkatan setiap siklusnya. Jadi, melalui implementasi media pembelajaran interaktif berbasis genially dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Genially, Materi Organ Pernapasan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:54 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:54 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1801 |