PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PARAKAN (PAPAN RANTAI MAKANAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 MI MIFTAHUL HUDA NGASEM

WAFA, NADHIF TAUFIQUL (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PARAKAN (PAPAN RANTAI MAKANAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 5 MI MIFTAHUL HUDA NGASEM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-201864260037-NADHIF TAUFIQUL WAFA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-201864260037-NADHIF TAUFIQUL WAFA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-201864260037-NADHIF TAUFIQUL WAFA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-201864260037-NADHIF TAUFIQUL WAFA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-201864260037-NADHIF TAUFIQUL WAFA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-201864260037-NADHIF TAUFIQUL WAFA-BAB 5.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep awal
kemampuan memahami hubungan antara makan dan dimakan yang membuat siswa
bingung saat menyelesaikan soal terkait rantai makanan. Siswa juga belum dilibatkan
secara maksimal dalam pembelajaran sehingga belajar yang didapat tidak maksimal.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan
media PARAKAN, dan bagaimana efektifitas media PARAKAN (papan rantai
makanan) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Miftahul Huda
Ngasem?. Sedangkan tujuannya untuk mengembangkan media PARAKAN, untuk
menguji kelayakan media PARAKAN, dan untuk menguji efektifitas media
PARAKAN (papan rantai makanan) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa
kelas V MI Miftahul Huda Ngasem.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and
Development (R&D), dimana penelitian ini menghasilkan sebuah produk tertentu dan
menguji kelayakan serta keefektifan produk yang dikembangkan. Metode penelitian
ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngasem. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
oleh peneliti menggunakan angket.
Hasil penelitian ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berupa
media pembelajaran PARAKAN (papan rantai makanan) berbasis media benda
konkret pada materi rantai makanan. Dari hasil media pembelajaran yang telah
dikembangkan telah diuji kelayakan produk oleh ahli materi dan media. Berdasarkan
hasil validasi materi menunjukkan media PARAKAN memiliki tingkat kelayakan
100% yang termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil validasi media
menunjukkan media PARAKAN memiliki tingkat kelayakan 90% yang termasuk
dalam kualifikasi “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media PARAKAN, Hasil Belajar, Rantai Makanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:29
Last Modified: 11 Jan 2025 02:29
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item
View Item