PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KESEHATAN JIWA SISWA SMA AN-NUR BULULAWANG

MUZAHIM, MUHLIS ABID (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KESEHATAN JIWA SISWA SMA AN-NUR BULULAWANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081076-MUHLIS ABID MUZAHIM-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081076-MUHLIS ABID MUZAHIM-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081076-MUHLIS ABID MUZAHIM-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081076-MUHLIS ABID MUZAHIM-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081076-MUHLIS ABID MUZAHIM-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081076-MUHLIS ABID MUZAHIM-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Akhir-akhir ini sedang marak kasus bunuh diri di kalangan remaja yang merupakan efek dari kurang sehatnya mental para remaja khususnya
peserta didik. Penyakit tentang kesehatan mental juga beragam seperti depresi, gangguan bipolar, gangguan kecemasan dan lain-lain. Maka diperlukan peran guru pendidikan agama Islam untuk menjaga kesehatan mental peserta didik. Diantara peran yang sudah dilakukan
oleh guru pendidikan agama islam yaitu, memberikan motivasi agar selalu berfikir positif, memberi pengertian bahwa agama islam sangat berperan penting dalam mengobati masalah
kesehatan mental dan diadakannya kegiatan-kegiatan positif diluar pembelajaran sekolah. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam terhadap
perkembangan mental health siswa SMA An-nur Bululawang? 2)Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam menjaga kesehatan mental peserta didik di SMA An-nur
Bululawang? 3)Apa faktor yang menghambat perkembangan kesehatan mental di SMA An-nur Bululawang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam terhadap perkembangan mental health siswa SMA An-nur Bululawang. 2) Untuk mengetahui
upaya guru pendidikan agama islam dalam menjaga kesehatan mental peserta didik di SMA An-nur Bululawang. 3) Untuk mengetahui faktor yang menghambat perkembangan kesehatan
mental di SMA An-nur Bululawang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis penelitian ini dengan: 1) reduksi data 2) penyajian data, serta 3) verifikasi, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kebasahan data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) peran seorang guru sangat penting dalam proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas. Karena peran guru itu sebagai sumber belajar, motivator, teladan dan juga pembimbing. 2) banyak upaya yang dilakukan guru untuk mejaga kesehatan mental siswa seperti memberi nasihat kepada siswa, memenuhi kebutuhan spiritual dengan mengadakan kegiatan keagamaan seperti maulid nabi, dan memastikan siswa
memperoleh bantuan profesional dari para ahli dalam hal ini pihak sekolah saling berhubungan dengan guru bimbingan konseling. 3) ada 3 faktor yang menghambat kesehatan mental siswa yaitu faktor psikologis, faktor keluarga dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Mental, Guru Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:54
Last Modified: 25 Sep 2025 02:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item
View Item